HALLOWEEN BUKAN SEKADAR .........


Halloween telah menjadi bagian dari berbagai macam agama & budaya, terutama Paganisme,Roman, Celtics (Irlandia, Scotlandia, Inggris) dan Kristen.Akan tetapi jika kita telusuri asal mula Halloween yang kita kenal sekarang adalah dari HariRaya Kematian Celtics. Samhain adalah nama "dewa" (druids) kematian mereka.Druids adalah salah satu pendeta dalam aliran celtics ini. Pada hari ini mereka memuja sangDewa Kematian.
Druids ini juga percaya bahwa tukang-tukang sihir naik sapu mereka dan parahantu adalah penyebab terjadinya kejadian supernatural.Menurut tradisi tsb pada malam tahun baru Celtics (tgl 31 October), arwah-2 orang mati akanbangkit. Setan, arwah dan tukang sihir pada saat itu juga dipercaya berada pada kekuatanmereka yang paling tinggi.Ada permainan-permainan dan acara ritual seperti ramalan. Anak-anak muda, misalnya,mencoba melihat prospek pernikahan mereka dengan menggunakan obyek spt apel yangdilempar melewati bahu, atau kacang yang dikubur dalam api.Pasu, pada abad 8, memutuskan untuk meng-kristenkan hari raya pagan ini, krn ia ingin agarorang meninggalkan supernatural dan pemujaan-pemujaan yang berhubungan dengan hariraya ini dan membuat 1 November sebagai All Saints's Day atau All Hallows' (Holly) day.
Iniadalah hari untuk mengenang orang-orang Kristen yang meninggal karena kepercayaannya.Kemudian 31 Oktober dikenal sbg All Hallow's Eve, dan kata-kata ini kemudian hari menjadiHalloween day.Kebanyakan kegiatan-kegiatan Halloween sekarang ini merupakan simbol-simbol dari pemujaan.
Misalnya:
1. Memakai kostum. Maksudnya adalah agar arwah-2 orang mati tidak mengenali. SebenarnyaDruids mengorbankan binatang dan kadang manusia dan memakai kulitnya sebagai pakaian.
2.Trick or Treat. Druids akan datang dari satu rumah ke rumah lain pada 31 Oktober untukmeminta sejenis makanan. Jika keinginan mereka tidak dipernuhi, orang-2 percaya bahwapenghuni dan rumah tsb akan dikutuk sehingga mendapat kesulitan, penyakit, dan kematian.Kemakmuran dijanjikan kepada mereka yang menyumbang dengansukarela.
3. Jack-O-Lantern. Awalnya adalah legenda di Irlandia tentang seorang bernama Jack yangsuka bermain trik dengan Setan. Setelah dia mati, Jack tidak pergi ke Surga atau Neraka,sehingga dia bergentayangan dibumi membawa lentera untuk menerangi jalan yang ia akantuju. Pumpkin yang dibawa dengan lilin didalamnya adalah lenteranya dan juga digunakan untuk menakut-nakutkan
Post a Comment